Rabu, 22 Desember 2010

Bermain Tetris Hilangkan Trauma

Rabu, 22 Desember 2010 - 08:38 wib
- Okezone

LONDON - Banyak cara untuk melupakan pengalaman masa lalu yang meyakitkan. Salah satu caranya adalah bermain game. Salah satu metode menarik adalah dengan bermain game tetris.

Menghilangkan trauma masa lalu bisa dilakukan dengan cara bermain tetris selama enam jam. Menurut riset yang dilakukan tim peneliti Oxford University yang diketuai Dr Emily Holmes menunjukkan, seseroang yang bermain tetris dalam waktu enam jam dapat menghilangkan masa lalunya yang buruk.

''Penelitian kami menunjukkan tetris efektif jika dimainkan selama enam jam setelah melihat film yang memicu stres,'' jelas Holmes seperti dikutip dari Gizmag.com., Rabu (22/12/2010).

Menurutnya, tetris dapat mengurangi mimpi buruk tanpa menghilangkan rasa sensitivitas seseroang. Dengan pengurangan efek traumatik, otak amanusia akan bekerja mengalami sesuatu, hal itu akan diproses perseptual dan konseptual.

Maksudnya Perseptual berarti dapat dilihat, didengar, dan dirasakan. Sedangkan konseptual terkait dengan cara otak memaknai suatu kejadian.

Saat melihat kotak dan warna yang ada di Tetris, ingatan yang terbentuk secara perseptual akan tergantikan dengan bentuk yang ada di tetris. Hasilnya ingatan traumatis pun terhapus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

welcome to my blog friends